Owner Link Archieve
Kapita Selekta FIKOM
Service With Heart
Senin, 03 September 2012 | 09.20 | 0 wink
Service With Heart
By : Chelsea Gozali



Seperti yang kita ketahui, ada banyak perusahaan di dunia ini. Namun, apa yang membedakan mereka semua, terutama  perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang yang sama? Apa yang membuat satu perusahaan lebih berhasil dari perusahaan yang lainnya?

Sebagai contoh, Pertamina yang dulu dengan yang sekarang. Seperti yang kita ingat, Pertamina yang dahulu sering dikeluhkan pelayanannya. Baik petugas yang kurang ramah, maupun kecurangan dalam mengisi bensin. Ketika mulai banyak perusahaan asing BBM yang muncul seperti Total dan Shell dengan pelayanan mereka yang begitu ramah, mulai banyak yang berpindah dan memilih untuk mengisi BBM di SPBU-SPBU tersebut. Pertamina yang mengetahui hal tersebut mulai membuat strategi baru. Sejak menerapkan slogan "Pasti Pas" dan peraturan "Senyum, Salam, dan Sapa"nya, banyak yang mengakui bahwa kinerja Pertamina menjadi lebih baik. Banyak yang lebih memilih mengisi di Pertamina bukan hanya karena harga bbm yang lebih murah, tetapi juga karena pelayanannya sudah lebih baik.

Pelayanan adalah sebuah paradigma dan komitmen dari perusahaan untuk memenuhi kebutuhan, keinginan, serta harapan pelanggan yang senantiasa berubah. Mengapa service itu penting? Karena Service memberikan Image dan Citra bagi perusahaan terhadap pelanggan.
Perusahaan yang ingin berhasil harus berbenah dan meningkatkan service untuk dapat bersaing, serta membuat perubahan atau inovasi untuk mempertahankan pelanggan lama dan menggaet pelanggan baru. Misalnya, ketika ada complain dari konsumen apa reaksi yang diberikan oleh perusahaan, apakah baik atau tidak, hal ini perlu diperhatikan. Karena dapat berdampak positif atau negatif bagi perusahaan kedepannya.



Service quality adalah teknik analisa yang dapat digunakan untuk melihat kesenjangan kinerja kualitas layanan suatu organisasi terhadap kebutuhan kualitas layanan. Service Quality terdiri dari Reliability, Assurance, Empathy, Responsiveness, Tangibles. Untuk meningkatkan service perusahaan, maka kita harus dapat memenuhi Service Quality ini.

Kita juga perlu memperhatikan kantor perusahaan, apakah kantor tersebut memberikan rasa nyaman bagi karyawan dan bagi para customer yang datang. Apakah kantor menyediakan berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh karyawan baik untuk bekerja maupun melepas penat sejenak. Selain bangunan fisik yang dibuat senyaman mungkin oleh perusahaan, penampilan para staffnya juga harus rapi dan terlihat profesional karena para staff membawa citra perusahaan kemana - mana.




Staff kita pun juga harus memiliki wawasan luas yang luas agar mudah berkomunikasi dengan orang lain. Bila kita dapat memahami orang tersebut, maka akan timbul respek dari orang itu kepada kita. Selain itu, kita juga harus cepat tanggap dan selalu membantu kesulitan2 yang dihadapi pelanggan.

Menurut interpretasi kami, sebuah perusahaan bila ingin bertahan lama dan dikenal dengan citra yang baik atau positif oleh masyarakat luas, maka perusahaan tersebut harus dapat memberikan service atau pelayanan yang baik terhadap konsumennya. Service tersebut harus dapat dilakukan dengan sepenuh hati kepada konsumen atau pelanggan, sehingga konsumen tersebut akan menerimanya dengan hati juga.

Selain itu, perusahaan juga harus dapat berbenah atau melakukan perubahan ( inovasi ) dengan cara meningkatkan kinerja karyawannya, agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Hal ini perlu dilakukan untuk dapat mempertahankan konsumen atau pelanggan lama maupun untuk merekrut pelanggan atau konsumen baru.
Service atau pelayanan yang baik harus dilakukan dari yang memiliki kedudukan paling atas, yaitu Owner sampai kepada jabatan karyawan yanng paling bawah. Karena dimanapun kita bekerja dan sebagai jabatan apapun, kita pasti akan selalu bersinggungan dengan service atau pelayanan.



Service meliputi ekspresi wajah : Bagaimana kita memperlihatkan keantusiasan kita saat bertemu dengan konsumen atau pelanggan, sikap empati kita terhadap permasalahan yang dihadapi konsumen atau pelanggan, bagaimana kita memberikan respon terhadap kesulitan yang dihadapi pelanggan atau konsumen kita, serta bagaimana penampilan kita saat bertemu dengan konsumen atau pelanggan : apakah kita sudah berpenampilan profesional atau tidak, dan bagaimana dengan gedung yang dimiliki perusahaan : apakah sudah dibuat dengan senyaman mungkin agar konsumen betah berada didalam gedung tersebut atau tidak.

Semua ini perlu untuk dilakukan oleh perusahaan agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal terhadap konsumen atau pelanggannya, sehinggga konsumen atau pelanggan akan menjadi loyal terhadap perusahaan kita dan perusahaan kita akan dapat bertahan lama dengan citra yang positif dimata masyarakat luas.



Written By : Lisa Juliana & Loudia Levina

Label:


| Newer Post
Hello!
Photobucket
Selamat datang di blog kami!

Kelompok kami terdiri dari :
* Lisa Juliana
* Olivia Oktora
* Loudia Levina
* Wina Nuari
* Dea Claudia
* Kezia Vinisa Rachel
* Friska Rensia
* Reynault

Blog ini akan diisi dengan berbagai
materi yang kami dapat selama
perkuliahan Kapita Selekta.


Walkie Talkie
Place Shoutmix here :D
Width : 200

Big Thanks
Skin By Cikin
Edited By Lisa Juliana.