Media Online dan Perkembangannya di Masa Mendatang
Sabtu, 08 September 2012 | 07.23 | 0 wink
Media Online dan Perkembangannya di Masa Mendatang
By : Suarjono – Managing Director Vivanews.com
Internet telah menjadi salah satu media baru yang dikenal
dan telah digunakan oleh hampir semua orang diselulur dunia. Mulai dari masa
sekarang, akan terdapat banyak orang yang berkecimpung di media baru yaitu
internet.
Tentu saja terdapat beberapa faktor yang menyebabkan media
online atau internet ini dapat berkembang pesat. Faktor-faktor yang menyebabkan
jaringan internet tumbuh dengan sangat pesat antara lain infrastruktur yang
murah dan terjadinya perubahan di industri telekomunikasi. Semua operator
telepon yang berkembang saat ini saling berlomba untuk menyediakan layanan
internet cepat dan murah karena hal tersebutlah yang dicari dan diinginkan oleh
konsumen mereka.
Perkembangan internet di Asia sendiri masuk dalam 5
besar. Cina, India, Korea, dan Indonesia
sendiri merupakan negara-negara yang memiliki pertumbuhan internet yang sangat
pesat.
Kemudian booming sosial media juga menjadi salah satu faktor
yang menyebabkan pesatnya perkembangan media online internet ini. Contohnya, hampir
semua orang memiliki Facebook – salah satu media online yang muncul pada tahun
2003, mulai dari anak kecil yang baru mengenal internet sampai pada orang usia
lanjut. Ada pula media online bernama Twitter yang semakin banyak digemari dan
blog yang terus bertambah setiap harinya.
Setiap generasi juga selalu memunculkan produk baru yang
membuat media online semakin melekat di masyarakat, seperti pada tahun 1890 dimana
telepon muncul, kemudian pada tahun 1891 dikenallah radio. Internet sendiri
muncul pertama kali di Philadelphia, America Serikat pada tahun 1969, yang
kemudian diikuti media online lainnya yang terkenal seperti Friendster (2002),
Facebook (2003), Flickr (2004), Youtube (2005), dan Twitter (2006).
Dapat juga dilihat beberapa karakter pengguna media online
seperti :
Selain beberapa alasan diatas yang menjadi alasan seseorang
membuat sosial media, dapat juga dilihat perilaku pembaca di media online yang
tentu saja berbeda dengan perilaku pembaca media cetak. Dalam media online,
pembaca biasa menilai situs dalam seperduapuluh detik. Kemudian pembaca media
online biasa hanya melihat situs, memindai (scan), jika merasa tertarik baru
membaca situs tersebut. Kecepatan membaca halaman di layar computer juga 25 %
lebih lambat dan semakin melambat jika terdapat foto atau gambar yang menarik.
Media online sendiri memiliki beberapa karakter seperti
ruang dan tempat yang tidak terbatas. Kemudian penyajian yang berbentuk teks,
foto, video, audio, info grafik, dan lainnya. Karakter lain dari media online
yaitu memiliki periodasi terbit 60/24/7, artau dengan kata lain informasi dapat
terbit setiap saat. Selain itu, media online juga merupakan ruang yang
interaktif dimana pembaca dapat ikut berkomentar mengenai situs atau isi situs
tersebut, dapat menjadi forum, dan menjadi social network.
Yang perlu diingat dalam menggunakan social media adalah
kita harus mengetahui dan mengerti mengenai rambu-rambu hukum. Kita tentu akan
mendapat masalah jika meng-upload atau memposting hal-hal yang melanggar hukum
seperti pornografi, komentar menghina, dan lainnya. Menulis dalam media online
juga akan terdokumentasi selamanya, maka kita harus berhati-hati dalam menulis
atau memposting sesuatu.
Menurut interpretasi kami, Maraknya penggunaan media online
di Indonesia kini tidak dapat dipungkiri lagi. Dengan kemudahan yang ditawarkan
melalui internet, kini media online telah "mendarah-daging" dalam
kehidupan bermasyarakat terutama di Indonesia. Dengan kemampuan internet yang
tanpa batas ruang dan waktu, situs-situs sosial media seperti Facebook,
Twitter, Path atau blog-blog juga mulai menjadi candu bagi masyarakat.
Alasannya sederhana, karena masyarakat Indonesia yang gemar bersosialisasi dan
keinginan untuk diketahui eksistensinya, walaupun tak jarang pula beberapa
diantaranya ingin pamer melalui situs jejaring sosial.
Dan Alexa.com (salah satu situs di internet yang dapat
mengukur dan melihat peringkat suatu situs) telah mengukur bahwa masyarakat di
Indonesia lebih sering membuka account atau situs Facebook daripada media
sosial lainnya. Hal ini terbukti dari peringkat 1 yang diduduki oleh Facebook.
Meledaknya jumlah pengguna internet yang memungkinkan segala
informasi dapat menyebar dgn cepat dalam itungan detik. Tentu para pengguna internet juga harus cerdas dalam mengakses internet. Masyarakat Indonesia cenderung mengakses media
sosial, padahal
internet memiliki banyak manfaat lain seperti informasi dan promosi.
Written By : Dea Claudia
Written By : Dea Claudia
Label: By : Suarjono