Owner Link Archieve
Kapita Selekta FIKOM
Media Online dan Perkembangannya di Masa Mendatang
Sabtu, 08 September 2012 | 07.23 | 0 wink


Media Online dan Perkembangannya di Masa Mendatang


By : Suarjono – Managing Director Vivanews.com

Internet telah menjadi salah satu media baru yang dikenal dan telah digunakan oleh hampir semua orang diselulur dunia. Mulai dari masa sekarang, akan terdapat banyak orang yang berkecimpung di media baru yaitu internet.

Tentu saja terdapat beberapa faktor yang menyebabkan media online atau internet ini dapat berkembang pesat. Faktor-faktor yang menyebabkan jaringan internet tumbuh dengan sangat pesat antara lain infrastruktur yang murah dan terjadinya perubahan di industri telekomunikasi. Semua operator telepon yang berkembang saat ini saling berlomba untuk menyediakan layanan internet cepat dan murah karena hal tersebutlah yang dicari dan diinginkan oleh konsumen mereka.

Perkembangan internet di Asia sendiri masuk dalam 5 besar.  Cina, India, Korea, dan Indonesia sendiri merupakan negara-negara yang memiliki pertumbuhan internet yang sangat pesat.


Kemudian booming sosial media juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pesatnya perkembangan media online internet ini. Contohnya, hampir semua orang memiliki Facebook – salah satu media online yang muncul pada tahun 2003, mulai dari anak kecil yang baru mengenal internet sampai pada orang usia lanjut. Ada pula media online bernama Twitter yang semakin banyak digemari dan blog yang terus bertambah setiap harinya.

Setiap generasi juga selalu memunculkan produk baru yang membuat media online semakin melekat di masyarakat, seperti pada tahun 1890 dimana telepon muncul, kemudian pada tahun 1891 dikenallah radio. Internet sendiri muncul pertama kali di Philadelphia, America Serikat pada tahun 1969, yang kemudian diikuti media online lainnya yang terkenal seperti Friendster (2002), Facebook (2003), Flickr (2004), Youtube (2005), dan Twitter (2006).

Dapat juga dilihat beberapa karakter pengguna media online seperti :


Selain beberapa alasan diatas yang menjadi alasan seseorang membuat sosial media, dapat juga dilihat perilaku pembaca di media online yang tentu saja berbeda dengan perilaku pembaca media cetak. Dalam media online, pembaca biasa menilai situs dalam seperduapuluh detik. Kemudian pembaca media online biasa hanya melihat situs, memindai (scan), jika merasa tertarik baru membaca situs tersebut. Kecepatan membaca halaman di layar computer juga 25 % lebih lambat dan semakin melambat jika terdapat foto atau gambar yang menarik.

Media online sendiri memiliki beberapa karakter seperti ruang dan tempat yang tidak terbatas. Kemudian penyajian yang berbentuk teks, foto, video, audio, info grafik, dan lainnya. Karakter lain dari media online yaitu memiliki periodasi terbit 60/24/7, artau dengan kata lain informasi dapat terbit setiap saat. Selain itu, media online juga merupakan ruang yang interaktif dimana pembaca dapat ikut berkomentar mengenai situs atau isi situs tersebut, dapat menjadi forum, dan menjadi social network.

Yang perlu diingat dalam menggunakan social media adalah kita harus mengetahui dan mengerti mengenai rambu-rambu hukum. Kita tentu akan mendapat masalah jika meng-upload atau memposting hal-hal yang melanggar hukum seperti pornografi, komentar menghina, dan lainnya. Menulis dalam media online juga akan terdokumentasi selamanya, maka kita harus berhati-hati dalam menulis atau memposting sesuatu.

Menurut interpretasi kami, Maraknya penggunaan media online di Indonesia kini tidak dapat dipungkiri lagi. Dengan kemudahan yang ditawarkan melalui internet, kini media online telah "mendarah-daging" dalam kehidupan bermasyarakat terutama di Indonesia. Dengan kemampuan internet yang tanpa batas ruang dan waktu, situs-situs sosial media seperti Facebook, Twitter, Path atau blog-blog juga mulai menjadi candu bagi masyarakat. Alasannya sederhana, karena masyarakat Indonesia yang gemar bersosialisasi dan keinginan untuk diketahui eksistensinya, walaupun tak jarang pula beberapa diantaranya ingin pamer melalui situs jejaring sosial.

Dan Alexa.com (salah satu situs di internet yang dapat mengukur dan melihat peringkat suatu situs) telah mengukur bahwa masyarakat di Indonesia lebih sering membuka account atau situs Facebook daripada media sosial lainnya. Hal ini terbukti dari peringkat 1 yang diduduki oleh Facebook.

Meledaknya jumlah pengguna internet yang memungkinkan segala informasi dapat menyebar dgn cepat dalam itungan detik. Tentu para pengguna internet juga harus cerdas dalam mengakses internet. Masyarakat Indonesia cenderung mengakses media sosial, padahal internet memiliki banyak manfaat lain seperti informasi dan promosi.



Written By : Dea Claudia

Label:


Older Post | Newer Post
Hello!
Photobucket
Selamat datang di blog kami!

Kelompok kami terdiri dari :
* Lisa Juliana
* Olivia Oktora
* Loudia Levina
* Wina Nuari
* Dea Claudia
* Kezia Vinisa Rachel
* Friska Rensia
* Reynault

Blog ini akan diisi dengan berbagai
materi yang kami dapat selama
perkuliahan Kapita Selekta.


Walkie Talkie
Place Shoutmix here :D
Width : 200

Big Thanks
Skin By Cikin
Edited By Lisa Juliana.