Owner Link Archieve
Kapita Selekta FIKOM
Proses Penyiaran Produksi Televisi
Jumat, 02 November 2012 | 07.11 | 0 wink


Proses Penyiaran Produksi Televisi
Pembicara oleh : Bapak Ade Hidayat

Terdapat beberapa unsur dalam proses penyiaran yang saling terkait, sehingga disebut dengan trilogi penyiaran. Salah satunya adalah studio (indoor dan outdoor). Dalam studio indoor, biasanya terdapat background blue / green screen yang nantinya bisa dibuat seakan backgroundnya seperti jalanan, ribuan buruh berdemo, dll dengan bantuan virtual. Sedangkan dalam background outdor lebih bervariasi dan tidak kaku. Namun background outdoor memiliki kekurangan seperti pada noise yg dapat masuk saat melakukan syuting.



Dalam unsur studio juga terdapat yang namanya master control. Master control inilah yang mengatur durasi iklan, durasi konten yang akan ditayangkan, dll. Master kontrol adalah alat yang mendistribusikan semua tayangan ke tv di rumah - rumah.
Unsur kedua pada proses penyiaran adalah transmiter / satelit. Transmiter bisa mengalami masalah ketika terjadi perubahan cuaca seperti saat hujan dan lainnya. Namun jika menggunakan satelit, biasanya konten penyiaran akan lebih baik dan jernih.
Unsur terakhir dalam proses penyiaran adalah pesawat penerima.


Kemudian siaran yg berkualitas menurut Wahyudi adalah :
  • siaran yang kualitas gambar dan visualnya prima.
  • siaran yang isi pesannya baik audio dan visualnya bersifat informatif, edukatif, persuasif, akumulatif, dan stimulatif. Kelima hal ini biasa disebut news value / nilai berita.
  • siaran yang isi pesannya baik audio dan visualnya diproduksi sesuai dengan sifat fisik medium radio / tv.

Pra produksi adalah proses persiapan hal - hal yang menyangkut semua hal sebelum proses produksi sebuah program tv, seperti menentukan ide, budget, menyusun crew, pembuatan jadwal shooting, sampai pembuatan final script.

Kemudian produksi tv yang merupakan eksekusi di lapangan merupakan proses eksekusi semua hal yang sebelumnya telah dipersiapkan pada proses pra produksi.
Proses selanjutnya dan terakhir adalah pasca produksi tv. Proses ini merupakan proses finishing sebuah program tv sampai menjadi sebuah program acara yang utuh dan mampu menyampaikan sebuah pesan / cerita kepada penonton dengan cara melakukan editing oleh seorang editor.


Dalam sebuah program tv juga terdapat sinopsis. Sinopsis dalam program tv disajikan pada awal pembuatan program berisikan semua ide, rangkuman, budget, dll. Selain sinopsis, juga terdapat casting yang merupakan aspek tidak terlepas dalam program tv. Casting merupakan pemilihan talent untuk program tv tsb.

Lalu ada juga yang disebut properti yang merupakan bagian terpenting dalam program tv. Properti adalah bagian yang menyediakan alat pendukung untuk pembuatan program tv. Selain itu terdapat juga aspek make up dan costum yang harus disesuaikan dalam sebuah program tv.

Writted by : Loudia Levina






Label:


Older Post | Newer Post
Hello!
Photobucket
Selamat datang di blog kami!

Kelompok kami terdiri dari :
* Lisa Juliana
* Olivia Oktora
* Loudia Levina
* Wina Nuari
* Dea Claudia
* Kezia Vinisa Rachel
* Friska Rensia
* Reynault

Blog ini akan diisi dengan berbagai
materi yang kami dapat selama
perkuliahan Kapita Selekta.


Walkie Talkie
Place Shoutmix here :D
Width : 200

Big Thanks
Skin By Cikin
Edited By Lisa Juliana.