Owner Link Archieve
Kapita Selekta FIKOM
Gender Dalam Pola Komunikasi
Selasa, 13 November 2012 | 22.55 | 0 wink

By :     Henny Wirawan – Dekan Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara


Jika kita membicarakan mengenai pola komunikasi antara pria dan wanita, kita akan memiliki banyak pendapat di benak kita. Kita sering mengatakan bahwa dalam berkomunikasi, pria cenderung lebih to the point, sedangkan wanita akan cenderung berputar – putar dalam mengungkapkan pendapatnya. Kemudian kita juga sering berpendapat bahwa dalam berpikir dan berkomunikasi pria lebih menggunakan akal dan perempuan lebih menggunakan perasaan. Banyak pula yang berpendapat bahwa pria dalam berkomunikasi tidak menyukai body contact, sedangkan wanita kerap bersentuhan dalam berkomunikasi. Sebagian besar orang juga beranggapan bahwa pria lebih pendiam sedangkan wanita lebih banyak bicara.

Hal – hal yang diungkapkan mengenai pola komunikasi antara pria dan wanita diatas sebenarnya banyak yang terkait dengan stereotype yang belum tentu benar. Stereotype adalah penilaian terhadap seseorang hanya berdasarkan persepsi terhadap kelompok dimana orang tersebut dapat dikategorikan. Dengan singkat kata, stereotype adalah pemberian label atau sikap kita untuk menggeneralisasikan kelompok tertentu. Padahal stereotype belum tentu benar adanya dan yang perlu diingat adalah stereotype tidak selalu berlaku pada setiap orang.

Sebagai contoh, jika dikatakan pria berpikir menggunakan logika sedangkan perempuan lebih menggunakan perasaan, pada kenyataannya banyak pria yang tidak menggunakan logikanya dalam berkomunikasi dan bertindak. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kasus dan tindak kriminal sadis yang dilakukan oleh pria yang jelas mencerminkan tidak adanya logika dalam pola komunikasi dan dalam tindakannya.

Mencoba keluar dari stereotype tersebut, sesungguhnya jika dilihat dari materi komunikasinya, biasanya pria tidak suka dikatakan bergosip karena banyak dari mereka yang menganggap bergosip adalah ‘milik kaum perempuan’. Pria lebih suka dikatakan berdiskusi atau berdebat karena mereka biasanya banyak membicarakan mengenai otomotive, pekerjaan, dan keuangan. Sedangkan wanita memiliki materi topic yang lebih beragam, bisa dari hobi sampai ‘harga cabai di pasar’.

Hal diatas yang membuat label pada kaum wanita lebih banyak berbicara dari pada kaum pria. Terdapat juga hasil penelitian bahwa wanita mengeluarkan 50.000 kosa kata perhari, sedangkan pria hanya mencapai setengahnya.

Kemudian dalam pola komunikasinya, dikatakan bahwa pria tidak menyukai body contact, sedangkan perempuan kerap bersentuhan dalam berkomunikasi. Stereotype ini berkaitan dengan sensitivitas kulit yang berbeda antara pria dan wanita. Wanita lebih peka atau sensitif terhadap sentuhan, maka biasanya wanita dalam keadaan sedih lebih suka dipeluk atau diusap. Sedangkan pria biasanya tidak menyukai hal tersebut kecuali dengan orang yang sangat dicintainya. Hal ini juga berkaitan dengan jarak psikologis yang dimiliki oleh pria.

Stereotype lain mengatakan bahwa dalam berkomunikasi, pria cenderung to the point dan wanita lebih suka berputar – putar dalam mengutarakan sesuatu. Hal ini berhubungan dengan pola pikir wanita yang pada berorientasi dengan relasi. Berbeda dengan pria yang cenderung individualis, wanita menganggap relasi merupakan hal yang penting. Ini mengakibatkan perempuan lebih berhati – hati dalam mengutarakan pendapatnya karena mencoba menjaga relasinya dengan orang tersebut. Jika bersikap to the point seperti yang kerap dilakukan pria, perempuan khawatir akan ’dicap’ sebagai orang yang kasar, sombong, dan lainnya.

Jika kita berbicara mengenai gender, kita tidak membicarakan sameness (kesamaan), namun kita membicarakan equality (kesetaraan). Dalam pola komunikasinya, baik pria maupun wanita memiliki kesetaraan yang harusnya kita garis bawahi. Yang perlu diingat bahwa kita tidak dapat menilai seseorang hanya berdasarkan stereotype yang melekat pada dirinya. 

Label:


Older Post | Newer Post
Hello!
Photobucket
Selamat datang di blog kami!

Kelompok kami terdiri dari :
* Lisa Juliana
* Olivia Oktora
* Loudia Levina
* Wina Nuari
* Dea Claudia
* Kezia Vinisa Rachel
* Friska Rensia
* Reynault

Blog ini akan diisi dengan berbagai
materi yang kami dapat selama
perkuliahan Kapita Selekta.


Walkie Talkie
Place Shoutmix here :D
Width : 200

Big Thanks
Skin By Cikin
Edited By Lisa Juliana.