Owner Link Archieve
Kapita Selekta FIKOM
Iklan dan Kekerasan Simbolik
Selasa, 23 Oktober 2012 | 22.44 | 0 wink
By: Endah Murwani
Tanpa kita sadari setiap hari kita terkena terpaan iklan baik yang di sengaja maupun tidak sengaja. Iklan sendiri tampil melalui berbagai media di era globalisasi, tidak hanya menampilkan iklan yang bersifat persuasif namun iklan juga di sebut-sebut sebagai baromter  dimana keberadaanya selalu menjadi titik penentu timbulnya sebuah nilai yang tercipta di masyarakat. Hampir semua media, iklan, dll tersusun dari tanda dan simbol.

·         Pengesahan fungsi nilai

Iklan tidak hanya sekedar, iklan berpengaruh dalam membantuk sistem nilai, gaya hidup maupun selera tertentu.

·         Pollay membagi fungsi komunikasi iklan menjadi 2:

1.    Fungsi informasional (iklan memberitahukan kepada konsumen tentang karakteristik produk)

2.    Fungsi transformasional (iklan berusaha untuk mengubah siskap-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, pola-pola belanja, gaya hidup, teknik-teknik mencapai kesuksesan)

Menurut Baudrilland, iklan tidak berdiri sendiri. Iklan merupakan kumpulan atau susunan tanda yang akan menggambarkan sesuatu pesan. Iklan memproduksi pesan yang menjadi citra dari sesuatu.

Iklan dalam konteks pemikiran ilmuan sosial :

·         Barthes menganalisa iklan sebagaimana layaknya seorang ahli linguistik dan barthes sangat tertarik membongkar makna dalam pesan-pesan yang di sampaikan lewat image maupun dalam media dan fenomena sosial lainnya. Pesan-pesan tersebut dapat di reproduksi kembali oleh media menggunakan semiotik analisis

Memahami iklan dengan konsep kekerasan simbolik bordieu
·         Seluruh tindakan pedagogis (tindakan dapat mempengaruhi generasi dengan menanamkan kepada orang lain) dapat di lakukan dimana saja dan kapan saja. Biasanya yang bermakna buruk dapat di simpulkan sebagai kekerasan simbolik. Kekerasan simbolik timbul karena orang tersebut mematuhi apa yang kebanyakan orang dominan yakini dan kita tenggelam dalam pengaruh.

Kekerasan simbolik pada iklan bisa saja terjadi, kita dapat mengikuti apa yang dikatakan iklan dan menganggap bahwa hal tersebut hal yang normal. Area iklan tidak hanya menjadi ajang konsentrasi image simbolik yang ingin pasarkan namun juga image simbolik sosial.
 
 

 

 

Label:


Older Post | Newer Post
Hello!
Photobucket
Selamat datang di blog kami!

Kelompok kami terdiri dari :
* Lisa Juliana
* Olivia Oktora
* Loudia Levina
* Wina Nuari
* Dea Claudia
* Kezia Vinisa Rachel
* Friska Rensia
* Reynault

Blog ini akan diisi dengan berbagai
materi yang kami dapat selama
perkuliahan Kapita Selekta.


Walkie Talkie
Place Shoutmix here :D
Width : 200

Big Thanks
Skin By Cikin
Edited By Lisa Juliana.