Owner Link Archieve
Kapita Selekta FIKOM
Bahasa dan Industri Radio
Minggu, 07 Oktober 2012 | 08.34 | 0 wink
Bahasa dan Industri Radio

By : Farid





Industri radio merupakan salah satu media informasi yang telah lama berada di dalam kehidupan masyarakat , perkembangan media radio bukan hal baru kita dengar lagi ,sehingga semakin lama perkembangan radio semakin banyak. Bukan hanya di kota-kota besar tetapi mulai merambah kesetiap-setiap daerah diluar kota besar . kebanyakan pada massa era globalisasi ini sering kali radio menjadi sarana bagi kaum pemuda sehingga radio menjadi salah satu media yang disukai oleh kalangan anak muda karena beberapa program yang ter up to date . tetapi ada beberapa hal dari siaran radio yang bukan berasal dari kota besar , misalnya saja kota besar Jakarta .menggunakan bahasa-bahasa yang tidak sesuai dengan daerah asal atau asli mereka .
            Misalnya saja pada masyarakat makasar yang menyiarkan sebuah siaran radio dengan bergenre kaum muda dengan menggunakan bahasa Jakarta yang  pada akhirnya malah membuat siaran tersebut terasa janggal , karena penyiar yang berasal dari makkasar menggunakan dialog Jakarta yang “gaul” atau dengan bahasa-bahasa Jakarta yang terkadang pendengar asli makkasarpun tidak mengerti apa yang dikatakan oleh penyiar.
            Dari hal tersebut ahli bahasa atau pengamat bahasa menjadi merasa prihatin dengan adanya hal tersebut dan pengamat bahasapun menilai hingga saat ini bahasa daerah hanya tersisa 10% .

Apa penyebab dari hal tersebut ?
  • Yang pertama yaitu adanya pendatang yang datang kesebuah tempat di daerah yang dapat memperngaruhi bahasa asli daerah tersbut . misalnya saja masyarakat Jakarta yang datang ke daerah seperti jawa tengah yang tidak mampu beradaptasi dengan daerah aslinya yang pada akhirnya memakai daerah Jakarta untuk bersosialisasi dengan lingkungan yang baru .
  • Yang kedua yaitu banyaknya media massa seperti televisi, media cetak ataupun media elektronik lainnya yang terlalu sering menyiarkan bahasa-bahasa Jakarta .

Dari adanya hal ini KPI meminta radio local yang melakukan siaran harus menggunakan bahasa daerah asli tempat dilakukannya penyiaran .
Terkadang sering kali radio daerah terlalu ingin mengenalkan kebudayaan Jakarta sehingga penyiar terkadang kebablasan dan melupakan kebudayaan aslinya .
Sebenarnya dalam mengatasi hal seperti ini seorang penyiar radio local tidak perlu merasa malu menggunakan bahasa asli dan pendengar local pun menjadi tidak merasa asing dengan bahasa yang penyiar lakukan .
Program acara siaran untuk anak-anak muda memiliki daya tarik tersendiri bagi segmentasinya , karena biasanya para anak muda haus akan hiburan dan sangat terbuka untuk menerima sesuatu yang baru .
Hampir setiap daerah memiliki daerah local , para penyiar radio local harus lebih bias mengenal bahasa daerah mereka agar lebih dapat mengerti dan menghargai bahwa bahasa mereka tidak kalah menarik dengan bahasa daerah kota besar . dimana kita tahu bahwa bahasa merupakan symbol dan nilai dari suatu budaya .
Segmentasi dan target pendengar juga harus ditentukan dengan baik agar program siaran dapat berjalan dengan lancar .

        Bahasa merupakan bagian dari kebudayaan jika tidak dipelihara maka pemahaman tentang budaya tersebut akan punah , radio diminta untuk berperan sebagai alat untuk menjaga sebuah budaya bukan malah mempercepat hilangnya bahasa kebudayaan asli 

Written By : Wina Nuari

Label:


Older Post | Newer Post
Hello!
Photobucket
Selamat datang di blog kami!

Kelompok kami terdiri dari :
* Lisa Juliana
* Olivia Oktora
* Loudia Levina
* Wina Nuari
* Dea Claudia
* Kezia Vinisa Rachel
* Friska Rensia
* Reynault

Blog ini akan diisi dengan berbagai
materi yang kami dapat selama
perkuliahan Kapita Selekta.


Walkie Talkie
Place Shoutmix here :D
Width : 200

Big Thanks
Skin By Cikin
Edited By Lisa Juliana.